Mengenal Bakteri Berbahaya Dalam Air Minum

Membahas tentang video bahaya makan air, video bahaya makan luar serta video Resep Masakan Populer.

Moderator: ywd287_mm

thebiologist
Post: 144
Bergabung: Sel Jan 24, 2017 11:03 am

Mengenal Bakteri Berbahaya Dalam Air Minum

Postoleh thebiologist » Sel Jan 24, 2017 11:11 am

Mengenal Bakteri Berbahaya Dalam Air Minum
Mau minum air apapun pastinya pengen kan yang menyehatkan. Salah satunya pasti air minum yang kita konsumsi harus bebas bakteri berbahaya. Pengujian air minum di Laboratorium pastinya akan mendukung apakah air minum yang dikonsumsi itu sehat atau berbahaya dengan adanya bakteri yang merugikan. Sayangnya saat kita baca hasil laboratorium, banyak yang ga ngerti nama-nama bakterinya. Maklum, nama bakterinya pake bahasa latin, bukan pake nama asli Indonesia.
Hahahahahahaha ….
Yuk, Simak Tiga Bakteri Berbahaya Yang Paling Sering Muncul di Air Minum

SALMONELLA ENTERICA
salmonella enterica.jpg
salmonella enterica.jpg (49.3 KiB) Dilihat 1497 kali


Yang pertama nih, para Member Forum in harus tahu yang namanya SALMONELLA ENTERICA. Salmonella adalah suatu genus bakteri yang merupakan penyebab utama penyakit bawaan makanan di seluruh dunia. Bakteri umumnya ditularkan ke manusia melalui konsumsi makanan yang terkontaminasi yang berasal dari hewan, terutama daging, unggas, telur dan susu.
Salmonella adalah bakteri Gram negatif berbentuk batang bukan pembentuk spora yang terdiri dari sekitar 2500 serotipe yang kesemuanya diketahui bersifat patogen baik pada manusia atau hewan. Bakteri ini bukan indikator sanitasi , melainkan bakteri indikator keamanan pangan . Artinya, karena semua serotipe Salmonella yang diketahui di dunia ini bersifat patogen maka adanya bakteri ini dalam air atau makanan dianggap membahayakan kesehatan. Oleh karena itu berbagai standar air minum maupun makanan siap santap mensyaratkan TIDAK ADA Salmonella dalam 100 ml air minum atau 25 gram sampel makanan.

Pengujian Salmonella juga memerlukan tahapan yang cukup panjang dan hanya dengan pengujian lengkap maka seseorang bisa menyimpulkan keberadaan Salmonella . Uji Salmonella umumnya didahului dengan tahap pre-enrichment pada medium kaya untuk meyembuhkan sel Salmonella yang luka ( injured ) , selective-enrichment (pengkayaan selektif) pada media selektif untuk menghalau bakteri-bakteri non Salmonella , tahap isolasi pada beberapa media selektif dan tahap identifikasi berdasarkan reaksi-reaksi biokimia pada media identifikasi dan konfirmasi serologi atau biokimiawi yang menetapkan apakah bakteri tersebut benar-benar Salmonella atau bukan.

ESCHERICHIA COLI
E Coli.jpg
E Coli.jpg (42.33 KiB) Dilihat 1497 kali


Merupakan salah satu bakteri yang hidup dalam saluran pencernaan manusia maupun hewan yang sehat. Bakteriologis yang berasal dari Germani yaitu THEODOR VON ESCHERICH adalah penemu bakteri ini. Theodor V.E berhasil melakukan isolasi bakteri ini pertama kali pada tahun 1885. Ia juga berhasil membuktikan bahwa diare dan gastroenteritis yang terjadi pada infant, disebabkan oleh bakteri Escherichia coli.

E. coli adalah bakteri Gram negatif berbentuk batang yang tidak membentuk spora yang merupakan flora normal di usus. Meskipun demikian, beberapa jenis E. coli dapat bersifat patogen, yaitu serotipe-serotipe yang masuk dalam golongan E. coli Enteropatogenik, E.coli Enteroinvasif, E. coli Enterotoksigenik dan E.coli Enterohemoragik . Jadi adanya E. coli dalam air minum menunjukkan bahwa air minum tersebut pernah terkontaminasi kotoran manusia dan mungkin dapat mengandung patogen usus. Oleh karenanya standar air minum mensyaratkan E. coli harus absen dalam 100 ml.

CLOSTRIDIUM PERFRINGENS


CLOSTRIDIUM PERFRINGENS.jpg
CLOSTRIDIUM PERFRINGENS.jpg (26.93 KiB) Dilihat 1497 kali

Secara alami Bakteri Clostridium perfringens hidup atau dapat ditemukan di tanah dan flora normal dari saluran usus manusia serta hewan-hewan tertentu yang mana dapat ditularkan melalui bahan makanan tapi terutama oleh air. Jika terinfeksi bakteri Clostridium perfringens pada umumya ditandai dengan kram perut dan diare secara intes mulai dari 8 jam hingga 22 jam setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung bakteri Clostridium perfringens. Bakteri Clostridium perfringens mampu memproduksi toksin keracunan makanan dan penyakit ini bisa berlangsung sekitar 24 jam.
jika terinfeksi pengobatannya dengan cara pemberian cairan dan istirahat yang cukup dan pemberian antibiotik tidak dianjurkan karena hasil penelitian Teuber (1999) tentang kepekaan C. perfringens terhadap antimikroba dari sampel feses babi menunjukkan telah terjadi multiresisten terhadap antibiotika, yaitu tetrasiklin, eritromisin, linkomisin dan klindamisin.

davha_bgt
Post: 273
Bergabung: Sen Jan 23, 2017 3:57 pm

Re: Mengenal Bakteri Berbahaya Dalam Air Minum

Postoleh davha_bgt » Sel Jan 24, 2017 1:29 pm

Ngeri juga itu bakteri. biasanya kalau di air isi ulang tercemar paling banyak sama E. Coli

Avatar pengguna
rendew88
Post: 108
Bergabung: Sen Jan 23, 2017 4:41 pm

Re: Mengenal Bakteri Berbahaya Dalam Air Minum

Postoleh rendew88 » Sel Jan 24, 2017 1:41 pm

WOW .... !!!
jadi ngeri, liat itu bakteri. ntar kalau beli air minum isi ulang minta tanya hasil lab nya deh

Putri
Post: 317
Bergabung: Kam Des 29, 2016 3:50 pm

Re: Mengenal Bakteri Berbahaya Dalam Air Minum

Postoleh Putri » Rab Jan 25, 2017 2:41 pm

Wah info yang mengedukasi sekali...
jadi mengerti macam-macam bakteri dan pasti bisa lebih berhati-hati dalam memilih air minum yang sehat untuk keluarga

cinta finda
Post: 255
Bergabung: Sen Jan 23, 2017 2:00 pm

Re: Mengenal Bakteri Berbahaya Dalam Air Minum

Postoleh cinta finda » Rab Jan 25, 2017 2:48 pm

Ngeri juga ya ternyata bakteri-bakteri yang ada di air minum
tapi kalau di Biru saya tidak kwatir karena saya beberapa kali melihat karyawan mengambil sample air, setelah saya tanyakan ke mereka ternyata sample air itu untuk di test kan di laboratorium, dan sepertinya hal itu rutin dilakukan oleh Biru...
Saya sebagai ibu-ibu dituntut harus cermat memilih segala sesuatu yang pastinya sudah terjamin dan yang sehat serta tidak membahayakan untuk kesehatan keluarga.

Avatar pengguna
rendew88
Post: 108
Bergabung: Sen Jan 23, 2017 4:41 pm

Re: Mengenal Bakteri Berbahaya Dalam Air Minum

Postoleh rendew88 » Rab Jan 25, 2017 6:00 pm

cinta finda menulis:Ngeri juga ya ternyata bakteri-bakteri yang ada di air minum
tapi kalau di Biru saya tidak kwatir karena saya beberapa kali melihat karyawan mengambil sample air, setelah saya tanyakan ke mereka ternyata sample air itu untuk di test kan di laboratorium, dan sepertinya hal itu rutin dilakukan oleh Biru...
Saya sebagai ibu-ibu dituntut harus cermat memilih segala sesuatu yang pastinya sudah terjamin dan yang sehat serta tidak membahayakan untuk kesehatan keluarga.


Emangnya berapa bulan sekali di Biru uji lab?
Rutin tiap gerai uji lab?

thebiologist
Post: 144
Bergabung: Sel Jan 24, 2017 11:03 am

Re: Mengenal Bakteri Berbahaya Dalam Air Minum

Postoleh thebiologist » Rab Jan 25, 2017 6:05 pm

davha_bgt menulis:Ngeri juga itu bakteri. biasanya kalau di air isi ulang tercemar paling banyak sama E. Coli


Iya bener. E. Coli paling banyak.
Risiko kena W. Coli ya diare berkepanjangan.
Teliti ya sebelum beli.

thebiologist
Post: 144
Bergabung: Sel Jan 24, 2017 11:03 am

Re: Mengenal Bakteri Berbahaya Dalam Air Minum

Postoleh thebiologist » Rab Jan 25, 2017 6:07 pm

rendew88 menulis:WOW .... !!!
jadi ngeri, liat itu bakteri. ntar kalau beli air minum isi ulang minta tanya hasil lab nya deh


Cek yang teliti ya mbak. Jangan jadi korban makanan atau minuman dengan bakteri berbahaya.
:D

thebiologist
Post: 144
Bergabung: Sel Jan 24, 2017 11:03 am

Re: Mengenal Bakteri Berbahaya Dalam Air Minum

Postoleh thebiologist » Rab Jan 25, 2017 6:09 pm

Putri menulis:Wah info yang mengedukasi sekali...
jadi mengerti macam-macam bakteri dan pasti bisa lebih berhati-hati dalam memilih air minum yang sehat untuk keluarga


Betul Bu. Apalagi kalau buat konsumsi anak anak.
Teliti dan jangan ragu cek uji labnya.
:)

thebiologist
Post: 144
Bergabung: Sel Jan 24, 2017 11:03 am

Re: Mengenal Bakteri Berbahaya Dalam Air Minum

Postoleh thebiologist » Rab Jan 25, 2017 6:11 pm

cinta finda menulis:Ngeri juga ya ternyata bakteri-bakteri yang ada di air minum
tapi kalau di Biru saya tidak kwatir karena saya beberapa kali melihat karyawan mengambil sample air, setelah saya tanyakan ke mereka ternyata sample air itu untuk di test kan di laboratorium, dan sepertinya hal itu rutin dilakukan oleh Biru...
Saya sebagai ibu-ibu dituntut harus cermat memilih segala sesuatu yang pastinya sudah terjamin dan yang sehat serta tidak membahayakan untuk kesehatan keluarga.


Konsumen sih jangan cuma percaya liat pas ambil sampling aja. Cek juga hasilnya kayak apa. Perhatiin kadar jumlah bakteri berbahayanya apakah ada di air minum tempat kita biasa beli.
Jadilah konsumen yg cerdas Bu.


Kembali ke

Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: 1 dan 0 tamu