Empat Zat Kimia Berbahaya Dalam Air Minum

Membahas tentang video bahaya makan air, video bahaya makan luar serta video Resep Masakan Populer.

Moderator: ywd287_mm

davha_bgt
Post: 273
Bergabung: Sen Jan 23, 2017 3:57 pm

Empat Zat Kimia Berbahaya Dalam Air Minum

Postoleh davha_bgt » Sen Mar 06, 2017 3:36 pm

Memilih air minum yang sehat memang gampang gampang susah. Yang paling tentu kalau harus melihat uji klinisnya. Ada empat zat kimia berbahaya yang bisa terkandung dalam air minum yang dikonsumsi. Cek seberapa bahanya sebagai bekal memilih air minum yang sehat, berkualitas terbaik tapi tetap aman untuk dikonsumsi.

Arsen
Arsen-300x141.jpg
Arsen-300x141.jpg (35.96 KiB) Dilihat 1233 kali

Merupakan unsur kimia yang berbahaya dan digunakan dalam dugaan pembunuhan aktivis HAM Munir. Arsen memiliki simbol As dan nomor atom 33. Arsenik secara kimiawi memiliki karakteristik yang serupa dengan Fosfor, dan sering dapat digunakan sebagai pengganti dalam berbagai reaksi biokimia dan juga beracun. Ketika dipanaskan, arsenik akan cepat teroksidasi menjadi oksida arsenik, yang berbau seperti bau bawang putih.
WHO menetapkan ambang aman tertinggi arsen di air tanah sebesar 50 ppb (bagian per miliar). Kebanyakan wilayah dengan kandungan arsen tertinggi adalah daerah aluvial yang merupakan endapan lumpur sungai dan tanah dengan kaya bahan organik. Diperkirakan sekitar 57 juta orang meminum air tanah yang terkontaminasi arsen berlebih, sehingga berpotensi meracun. Arsenik dalam air tanah bersifat alami, dan dilepaskan dari sedimen ke dalam air tanah karena tidak adanya oksigen pada lapisan di bawah permukaan tanah. Air tanah ini mulai dipergunakan setelah sejumlah LSM dari barat meneliti program air sumur besar-besaran pada akhir abad ke-20, namun gagal menemukan keberadaan arsenik dalam air tanah. Diperkirakan sebagai keracunan massal terburuk dalam sejarah dan mungkin musibah lingkungan terparah dalam sejarah. Di Banglades terjadi epidemik keracunan massal disebabkan oleh arsenik.
Banyak negara lain di Asia, seperti Vietnam, Kamboja, Indonesia, dan Tibet, diduga memiliki lingkungan geologi yang serupa dan kondusif untuk menghasilkan air tanah yang mengandung arsenik dalam kadar yang tinggi. Tanaman yang ditanam di atas tanah yang mengandung arsenik dapat diserap oleh tanaman dan meninggalkan residu pada hasil pertanian.
Dalam air minum sesuai Permenkes RI No 492 Tahun 2010 kadar Arsen yang diperbolehkan hanya 0,01 mg/l. Jumlah yang sangat kecil karena zat ini merupakan salah satu zat kimia berbahaya.

Selenium
Merupakan mineral yang ditemukan di dalam tanah. Memiliki lambang kimia Se dan nomor atom 34. Selenium secara alami muncul dalam air dan beberapa makanan. Selenium diperlukan oleh tubuh kita dalam jumlah yang sangat kecil untuk melakukan fungsi dalam metabolisme terutama fungsi kelenjar teroid. Dalam jumlah yang baik Selenium justru bermanfaat tapi akan sangat berbahaya jika jumlah yang masuk dan dikonsumsi melebihi ambang batas.
Jumlah batas aman Selenium yang bisa dikonsumsi ditentukan oleh usia seseorang. Kadar tertinggi yang masih aman dikonsumsi adalah 30 mikrogram per hari untuk manusia dewasa. Sesuai Permenkes RI No 492 Tahun 2010 Tentang Syarat dan Pengawasan Kualitas Air Minum, kadar Selenium yang diperbolehkan 0,01 mg/liter. Kelebihan Selenium akan mengakibatkan efek buruk seperti kerusakan saraf, diare, kuku pecah-pecah, sakit kepala dan kelainan ginjal.

Kadmium
Cadmium-crystal_bar.jpg
Cadmium-crystal_bar.jpg (12.19 KiB) Dilihat 1233 kali

Merupakan logam berat dan sangat berbahaya. Lambang kimianya Cd dan nomor atomnya 48. Kadmium banyak terdapat dalam kerak bumi dan bisa dilepaskan ke sungai dari pelapukan bebatuan. Beberapa diantaranya dilepaskan lewat kebakaran hutan dan gunung berapi.
Sumber kontaminasi Kadmium dalam air minum ditemukan dalam erosi endapan alam, limbah baterai dan cat, debit dari kilang logam, dan korosi pipa galvanis.
Berdasarkan peraturan menteri kesehatan nomor 492/Menkes/Per/IV/2010 tentang persyaratan kualitas air minum, kadmium termasuk parameter yang berhubungan langsung dengan kesehatan. Kadar maksimun kadmium yang diperbolehkan adalah 0,003 mg/l.
Efek keracunan Kadmium adalah diare, muntah parah, kerusakan sistem saraf pusat, kegagalan sistem imun, hingga menyebabkan kemandulan atau infertilitas.


Sianida
Kopi-Sianida.jpg
Kopi-Sianida.jpg (88.37 KiB) Dilihat 1233 kali

Zat kimia yang satu ini tengah populer karena mencuat dalam kasus Es Kopi Vietnam yang dipesan Jessica Kumala Wongso untuk diminum rekannya, Wayan Mirna Salihin hingga berujung kematian.
Sianida memiliki lambang kimia CN- dan sangat beracun hingga berujung kematian jika dikonsumsi dalam dosis yang tinggi.
Menurut Permenkes nomor 492/Menkes/Per/IV/2010 tentang persyaratan kualitas air minum kadar Sianida yang diperbolehkan dalam air minum adalah 0,07 mg/liter. Sianida dapat menghambat pertukaran oksigen pada mahkluk hidup. Juga bersifat toksik bagi ikan; kadar sianida 0,2 mg/l sudah mengakibatkan toksisitas akut bagi ikan. Kadar sianida perairan yang dianjurkan sekitar 0,005 mg/l.
Racun ini menghambat sel tubuh mendapatkan oksigen sehingga yang paling terpengaruh adalah jantung dan otak. Paparan dalam jumlah kecil mengakibatkan napas cepat, gelisah, pusing, lemah, sakit kepala, mual dan muntah serta detak jantung meningkat. Paparan dalam jumlah besar menyebabkan kejang, tekanan darah rendah, detak jantung melambat, kehilangan kesadaran, gangguan paru serta gagal napas hingga korban meninggal. Seperti kisah Sianida dalam Es Kopi Vietnam di Cafe Olivier.

Avatar pengguna
nengaurora
Post: 125
Bergabung: Jum Feb 03, 2017 9:01 am

Re: Empat Zat Kimia Berbahaya Dalam Air Minum

Postoleh nengaurora » Sen Mar 06, 2017 4:34 pm

bisa lihat di hasil uji lab fisika dan kimia tuh kalau beli di depo air minum
btw, itu fotonya si mirna ngeri-ngeri sedap

:o

Rizka Komalasari
Post: 90
Bergabung: Sel Jan 31, 2017 9:49 am

Re: Empat Zat Kimia Berbahaya Dalam Air Minum

Postoleh Rizka Komalasari » Sen Mar 06, 2017 8:28 pm

Ngeri juga ya...
Ternyata selain ada virus..bakteri dan kuman..juga trdapat zat" berbahaya Yg selama ini tdk kita sadari...

davha_bgt
Post: 273
Bergabung: Sen Jan 23, 2017 3:57 pm

Re: Empat Zat Kimia Berbahaya Dalam Air Minum

Postoleh davha_bgt » Sel Mar 07, 2017 8:51 am

nengaurora menulis:bisa lihat di hasil uji lab fisika dan kimia tuh kalau beli di depo air minum
btw, itu fotonya si mirna ngeri-ngeri sedap

:o


betul banget Sis, cek dulu hasil uji lab fisika-kimia tuh depo air minum lolos apa enggak kadar kimia berbahayanya
:D

davha_bgt
Post: 273
Bergabung: Sen Jan 23, 2017 3:57 pm

Re: Empat Zat Kimia Berbahaya Dalam Air Minum

Postoleh davha_bgt » Sel Mar 07, 2017 8:52 am

Rizka Komalasari menulis:Ngeri juga ya...
Ternyata selain ada virus..bakteri dan kuman..juga trdapat zat" berbahaya Yg selama ini tdk kita sadari...


virus dan bakteri itu secara mikrobiologi Sis
kalau ini secara kimiawi
sifatnya racun gitu
:shock:

Avatar pengguna
rendew88
Post: 108
Bergabung: Sen Jan 23, 2017 4:41 pm

Re: Empat Zat Kimia Berbahaya Dalam Air Minum

Postoleh rendew88 » Sel Mar 07, 2017 11:58 am

jadi dalam air minum bisa ada zat kimia berbahaya ya.
kalau dalam makanan gimana yak?
info yang bagus nih

thebiologist
Post: 144
Bergabung: Sel Jan 24, 2017 11:03 am

Re: Empat Zat Kimia Berbahaya Dalam Air Minum

Postoleh thebiologist » Sel Mar 07, 2017 1:38 pm

ini nih thread berkualitas
nambah pengetahuan lah

makanya konsumen harus cerdas lihat dan bisa baca sekaligus ngerti dikit-dikit lah soal hasil tes kimia
khususnya dalam air minum dan makanan kalau ada
kan jadi berabe kalau mengandung kayak di kopi nya Neng Jess

Avatar pengguna
nengaurora
Post: 125
Bergabung: Jum Feb 03, 2017 9:01 am

Re: Empat Zat Kimia Berbahaya Dalam Air Minum

Postoleh nengaurora » Sel Mar 07, 2017 1:40 pm

davha_bgt menulis:
nengaurora menulis:bisa lihat di hasil uji lab fisika dan kimia tuh kalau beli di depo air minum
btw, itu fotonya si mirna ngeri-ngeri sedap

:o


betul banget Sis, cek dulu hasil uji lab fisika-kimia tuh depo air minum lolos apa enggak kadar kimia berbahayanya
:D


kadang males juga ngecek
tesnya udah pada luaaaamaaaa bgt tuh

ywd287_mm
Post: 30
Bergabung: Kam Des 22, 2016 4:15 pm

Re: Empat Zat Kimia Berbahaya Dalam Air Minum

Postoleh ywd287_mm » Sel Mar 07, 2017 2:16 pm

Thread yang berkulitas nih
semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi member yang ada disini

Rizka Komalasari
Post: 90
Bergabung: Sel Jan 31, 2017 9:49 am

Re: Empat Zat Kimia Berbahaya Dalam Air Minum

Postoleh Rizka Komalasari » Rab Mar 08, 2017 8:27 am

rendew88 menulis:jadi dalam air minum bisa ada zat kimia berbahaya ya.
kalau dalam makanan gimana yak?
info yang bagus nih


Info yg bagus, bisa menambah pengetahuan...
tapi...
Kira-kira...
kalau kalau airnya di pakai masak, kandungannya zat kimianya juga bercampur di makanan tsb apa nggak ya.????


Kembali ke

Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: 1 dan 0 tamu